5 Alasan Kenapa Pebisnis Harus Masuk Komunitas

5 Alasan Kenapa Pebisnis Harus Masuk Komunitas

Uniknya Indonesia adalah jika ada banyak orang melakukan kegiatan yang sama, maka biasanya ada orang yang punya niat untuk mengumpulkan para penggiat bidang tersebut. Kemudian, jadilah sebuah komunitas.

Komunitas yang ada di Indonesia tergolong banyak, mulai dari komunitas para pebisnis, komunitas otomotif, komunitas hobi komik, dll lah. Kalau saya urutin tiap bidang komunitas, bisa gak selesai dalam satu jam ngetik nya.

Kami sendiri, termasuk orang yang aktif ikut gabung komunitas. Tercatat, setidaknya, kami masuk dalam 4 komunitas, 2 komunitas pebisnis, dan 2 komunitas digital marketing. Ini belum termasuk komunitas lain yang tidak ada hubungan dengan pekerjaan, misal nya komunitas video game, dan sepakbola. Tapi, kalau dipikir-pikir, apa guna nya sih ikut komunitas2 beginian? Manfaatnya tuh apa, sampai perlu ikut acara perkumpulan? Yuk kita bahas..

  1. Menjalin Silahturahmi dan Perluas Pertemanan

Biasanya pertemanan karena komunitas akan menjadi lebih erat karena adanya kesamaan minat. Nah, biasanya makin lama akan makin akrab antara satu anggota dengan anggota lainnya dalam suatu komunitas, apalagi jika komunitas tersebut sering bikin acara gathering. Beberapa komunitas bahkan anggota nya bisa menjalin pertemanan sangat erat seperti keluarga.

  1. Membangun Kepribadian

Sejatinya, manusia adalah makhluk sosial. Dimana kita tidak bisa hidup sendiri, dan membutuhkan bantuan atau harus bergaul dengan orang lain. Di komunitas, Kamu bisa belajar bergaul, cara menghadapi berbagai karakter orang, dan otomatis akan melatih kepribadian Kamu.

  1. Jaringan / Networking

Dalam komunitas, Kamu selalu punya peluang untuk bertemu orang baru dengan ragam bisnis yang macam-macam. Namun, efek positif nya adalah adanya kemungkinan menjalin kerjasama dengan orang di dalam nya. Kami sendiri sering mendapat proyek untuk membantu kampanye digital marketing dari anggota yang membutuhkan jasa digital marketing.

  1. Belajar

Pengalaman adalah guru yang berharga. Enaknya di komunitas, pengalaman orang bisa menjadi bahan pelajaran untuk Kamu. Misal, ada pengalaman buruk dalam menjalankan bisnis, Kamu bisa pelajari sehingga nanti jika sesuatu yang sama terjadi, Kamu bisa hindari.

  1. Mentoring

Ini sih tidak selalu ada. Ada beberapa komunitas yang memang menyediakan program mentoring, dimana tiap member dengan pengetahuan lebih berbagi kepada member lain nya sesuai keahlian masing-masing. Jika ketemu yang begini, bisa dibilang, Kamu cukup beruntung. Kenapa? Karena porsi belajar Kamu akan bertambah. Banyak belajar, banyak rejeki.

Ternyata, manfaat nya banyak juga dan memang bisa membantu Kamu banget.

Pertanyaan nya, apakah Kamu sudah ikut komunitas bisnis?

Kami mau perkenalkan sebuah komunitas bisnis terbaru, yang dicetuskan oleh Bapak Anthon Thedy, seorang pemilik dari TX Travel, sebuah agen tour dan travel dengan cabang franchise seabrek di Indonesia. Namanya Mitra Bisnis. MB (https://www.instagram.com/mitrabisnis.mb/). Kebetulan, owner dari Tukang Marketing disini berpartisipasi sebagai Mentor yang nantinya akan membantu para member dalam jalani bisnis jaman sekarang, yaitu bisnis online.

Uniknya, ini bukan komunitas yang berbasis motivasi, mlm, dan sejenisnya. Disini murni hanya pebisnis bertemu pebisnis, dan belajar dari pengalaman para mentor untuk menjalani bisnis mereka di era digital. Dan satu lagi, para mentor berusia dibawah 40 tahun. Tentu ini keunggulan, karena mentor harus yang sudah punya bisnis sesuai standar jaman digital, agar bisa membagikan pengetahuan nya secara relevan.

komunitas bisnis. Ivan Suganda Digital Marketer.

Nah, setiap pekan, komunitas Mitra Bisnis. MB ini mengadakan gathering untuk memperkenalkan komunitas nya, sistem nya, dan tentu saja manfaat jika Anda bergabung. Yuk gabung, cek Instagram @mitrabisnis.mb untuk mengetahui jadwal lengkap gathering mingguan nya.

Categories: Review Others

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*