Menjalankan Bisnis Online, Mulai Dari Mana?

Salah satu masalah ketika mau mulai bisnis online adalah mulai nya darimana? Yes, saking banyak nya platform di dunia internet untuk mendukung toko online, Anda jadi bingung mau pakai yang mana. Hmm, kami akan coba membantu. Kira2 beginilah cara memulai bisnis online ala Tukang Marketing.

Mindset

Pertama, kita harus mempunyai mindset yang sesuai dengan perkembangan jaman. Bisnis online mempunyai tantangan yang berbeda dengan offline. Cara main nya pun beda. Meski dasar marketing nya sama. Di dunia online, segala hasil strategi bisa diukur dengan data. Untuk mendapatkan data, Anda harus keluar modal uang untuk dibakar. Namun, hasil dari bakar uang ini tidak akan percuma, karena, meski uang nya belum balik, tapi Anda bisa mendapat data yang bisa diolah untuk dapatin uang lebih besar.

Marketplace

Apapun produk/jasa Anda, selalu ada marketplace nya. Kalau produk nya barang, Anda bisa masuk ke Tokopedia, Bukalapak, OLX untuk jualan secara gratis. Namun, jika ingin menggunakan sistem konsinyasi, Anda bisa masukkan ke Blibli, Lazada, Blanja, dll. Begitu juga dengan jasa, Anda bisa taruh jasa yang dipunya ke marketplace macam Sribulancer, Freelancer, Projects, dll. Tiap marketplace punya cara main yang berbeda, tergantung produk yang Anda jual. Namun, jika Anda ingin kemudahan karena malas bikin website atau keluar modal lebih banyak sebagai investasi bisnis online, maka marketplace adalah cara paling murah meriah. Kelemahan nya, perang harga.

Buat Website

Cara kedua ini cenderung agak dihindari oleh para pemula pecinta gratisan. Kenapa? Karena harus keluar modal. Website merupakan infrastruktur utama yang sebetulnya wajib dimiliki oleh pebisnis online, karena fleksibilitas dan kegunaan nya yang bisa untuk jangka panjang. Website ibaratnya adalah toko pusat Anda. Kalau di marketplace kan Anda nebeng ya artinya.

Media Sosial

Semua orang, di jaman sekarang, selalu menghabiskan waktu di media sosial. Google mencatat bahwa 61% orang Indonesia menghabiskan waktu di media sosial. Pasar Anda juga ada disana. Paling tidak, mulailah jualan di dua media sosial terbesar saat ini, Facebook dan Instagram.

Jualan di media sosial

SEO (search engine optimisation)

Naik level. Punya website, otomatis Anda harus melakukan optimasi website nya. Optimasi SEO, agar ranking website Anda di mesin pencari bisa naik. Pelajari tentang SEO dasar disini >>> Apa itu SEO? Dan Pengertian SEO.

Iklan

Naik lagi level nya. Oke, katakanlah sekarang Anda sudah punya website, sudah ada di media sosial. Tapi kondisi nya adalah bisnis Anda stuck. Anda ingin agar lebih banyak orang melihat bisnis Anda, lebih banyak lihat produk yang dijual, lebih banyak orang mengenal Anda. Maka, kita harus beriklan. Yes, sediakan budget untuk buat iklan di media sosial atau google. Dengan iklan, bisnis Anda bisa dilihat dan dikenali oleh lebih banyak orang. Potensi terjadinya penjualan pun semakin tinggi. Siap keluar uang?

Sudah sejauh mana perjalanan Anda semua dalam menjalankan bisnis online? Ini memang dasar banget, tapi setidaknya, untuk memulai bisnis online, Anda harus paham mulai nya darimana.

Categories: Internet Marketing

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*